8.09.2012

Sejarah Internet di Dunia

Sejarah internet diawali dari percobaan ARPANET yang menghubungkan antara 2 komputer melalui jaringan telepon yang dapat saling berkomunikasi. Departemen pertahanan negara adidaya itu berhasil menjadi awal munculnya jaringan internet di dunia.


AWAL MUNCULNYA INTERNET

ARPANET pada awalnya dibuat untuk kebutuhan militer. Membuat sistem terdistribusi untuk meghindai hancurnya pusat data saat perang nuklir adalah tujuan awal pembuataan proyek besar ini. Saat awal dibuat, ARPANET hanya menghubungkan 4 tempat saja di Amerika sana. Namun saat ini, internet telah menghubungkan berjuta-juta titik di dunia ini.
Pada tahun 1972 inilah muncul istilah internet. Internet merupakan hasil dari pembagian proyek ARPANET. Internet merupakan bagian dari ARPANET yang ditujukan untuk kebutuhan non militer. Itulah sejarah awal berkembangnya internet.
Pada awal sejarah internet ini, anggota-anggota yang tergabung adalah dari berbagai unversitas. Mulanya dari universitas yang ada di Amerika saja. Namun dimulai pada tahun 1973, ada anggota dari luar Amerika yang tergabung di dalam internet. Universitas itu berasal dari Norwegia (Royal Radar Establishment) dan Inggris (University College of London).


INTERNET DARI TAHUN KE TAHUN

Seiring dengan perkembangan sejarah internet, protokol yang menjadi standar komunikasi setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet juga terus berkembang. Tujuan dari semua ini adalah membuat standarisasi sehingga setiap komputer di dunia ini dapat terhubung ke dalam jaringan internet.
Protokol standar yang saat ini dipakai adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol  ini mulai diperkenalkan pada tahun 1978. Pada tahun 1980an, sejarah internet memasuki babak baru. Menjamunya komputer pribadi pada masa ini membuat jaringan internet juga terus meluas.
Fasilitas pengiriman surat elektronik (email), pengiriman file melalui FTP dan mailng list satu per satu hadir sebagai layanan dalam internet. Inilah yang membuat fungsi internet semakin meningkat dan semakin banyak orang yang menggunakannya.
Perkembangan internet juga terlihat pada berbagai fasilitas yang bisa digunakan melalui jaringan dunia ini. Komunikasi secara real time melalu tulisan yang dikenal dengan istilah chatting diperkenalkan tahun 1988.
Penemuan aplikasi yang dikenal dengan nama browser merupakan tonggak paling penting di dalam sejarah internet. Dengan adanya browser ini, seluruh komputer yang terhubung ke dalam internet dapat saling berbagi data dan informasi.
Saat ini, internet telah digunakan untuk berbagai kebutuhan global. Dengan adanya internet, arus informasi dapat berjalan dengan cepat dan praktis. Internet juga menyatukan orang dari berbagai wilayah di bumi ini. Internet juga menjadi sarana komunikasi yang efektif dan efisien.
Namun internet juga menjadi sumber masuknya pengaruh negatif yang harus tetap diwaspadai. Sejarah internet menunjukan bahwa tujuan positif bisa menjadi negatif jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

No comments:

Post a Comment